- Back to Home »
- Flash , Semester IV »
- Flash : Animation With IK BONES
Posted by :
Unknown
Minggu, 18 Mei 2014
mbahsecond.blogspot.com - nah kali ini akan dibahas cara pembuatan animasi pada flash menggunakan tekhnik IK Bones, dengan IK BONES ini animasi yang akan dihasilkan adalah perpaduan antara 2 buah atau lebih objek gambar yang saling bergerak sesuai dengan sendi atau pengungkit diantara kedua nya. biar lebih jelasnya langsung aja coba pembuatan animasi sederhana dengan konsep IK BONES. hehehe
· - Pertama-tama buka dulu Adobe Flash nya, disini
ane make seri CS6
· - Dan buat file projek baru.
· - Kemudian pada layer 1 beri nama body
· - Pada layer body, gambar 8 buah objek gambar
seperti dibawah ini
Untuk bisa menyatukan gambar menjadi satu buah objek,
bisa dengan memblok gambar lalu klik kanan ->
convert to symbol -> beri
nama untuk symbol tersebut ->
ok
- Nah, sekarang akan dilakukan perekatan dengan
menggunakan bone tools (atau bisa menekan tombol M), setelah itu seret atau
drag menggunakan bone tools sehingga mendapatkan alur seperti ini.
Untuk bagian body traktor
nya, tidak usah diberi bone tool karena akan dijadikan sebagian acuan dari
pergerakan traktor. Setelah diberikan bone maka pada jendela timeline akan muncul Armature_1
disitulah letah animasi dari bone yang telah dibuat.
- Karena gambar traktornya masih tidak berbentuk,
maka akan dilakukan penyatuan, untuk Penyatuan bisa dilakukan dengan menekan free
transform tool (Q) sehingga
dihasilkan gambar berikut.
- Setelah
itu penyatuan pada bagian tangan dari traktornya
· - Selanjutnya menyatukan semua bagian dari traktor
sehingga terbentuk sebuah
traktor yang utuh.
Penyatuan bagian-bagian
traktor sudah selesai, selanjutnya membuat animasi dari gambar traktor
tersebut.
· - Pada jendela timeline, pada layer armature_1
klik pada frame 50 ->
tekan F5
(untuk memberi frame). Lakukan juga pada layer body.
Pada layer armature_1 merupakan layer yang
berisikan animasi dari objek yang sudah delekatkan oleh bone tool.
Sedangkan untuk
layer body merupakan bagian dari body traktor yang tidak terdapatat bone, hanya
objek biasa.
· - Selanjutnya klik diframe yang akan dibuat
animasi, misalnya pada frame 10, pilih selection
tool (v) langsung drag bagian tangan traktor sesuai keinginan.
Pada bagian objek yang
telah diberi bone, maka setiap dilakukan pergeseran objek lain maka objek
tersebut akan ikut bergerak seperti halnya persendian. Karena sifat dari
persendian adalah menghubungkan dua bagian alat sehingga dapat selalu berkaitan
atau berkesinambungan dalam bergerak.
Dan pergerakan objek juga dapat disesuaikan sesuai keinginan.
· - Lakukan cara sebelumnya sebanyak dan jenis
pergerakan yang diinginkan. Setelah selesai tekan ctrl+enter untuk melihat hasilnya.
thank, jgn lupa komen dan like fp. untuk melihat hasil lengkapnya bisa didownload cara nya disini