- Back to Home »
- Kuliah , multimedia , Semester IV »
- Hal - Hal Tentang Multimedia
Posted by :
Unknown
Kamis, 29 Mei 2014
Nah berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan multimedia biasanya muncul ketika ujian hehehe. Penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan
dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.
Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan
sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau
otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning. Pada awalnya multimedia hanya
mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya
multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra
penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada
pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat
duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian dari
multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi.
Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil
digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan
perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini
mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output
berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan
menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai
pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma
1. Berapakah ukuran file yang akan dihasilkan jika
anda merekam audio dengan menggunakan resolusi 16-bit stereo, dengan sampling
rate 22,05 kHz, selama 5 menit ?
2. Apa yang dimaksud MIDI ? Apa keuntungan penyimpanan data audio menggunakan MIDI ?
3. Apa perbedaan antara tipe bitmap image dengan vector image ? Sertakan contoh gambarnya !
4. Secara garis besar image dibagi menjadi 4: monochrome, gray-scale, 8-bit dan 24-bit image,
2. Apa yang dimaksud MIDI ? Apa keuntungan penyimpanan data audio menggunakan MIDI ?
3. Apa perbedaan antara tipe bitmap image dengan vector image ? Sertakan contoh gambarnya !
4. Secara garis besar image dibagi menjadi 4: monochrome, gray-scale, 8-bit dan 24-bit image,
jelaskan dan beri contoh !
5. Apa perbedaan color-depth dan resolusi pada image ? 6. Misal: image dibuat dengan color-depth 24-bit resolusi 800 x 600, Hitung: ukuran file yang dihasilkan image tersebut !
7. Apakah anti-aliasing pada image ?
8. Jelaskan model warna pada printer !
9. Jelaskan perbedaan warna antara RGB, HSV, dan HSL !
10. Sebutkan fitur pada software yang biasanya menggunakan model HSV dan HSL !
5. Apa perbedaan color-depth dan resolusi pada image ? 6. Misal: image dibuat dengan color-depth 24-bit resolusi 800 x 600, Hitung: ukuran file yang dihasilkan image tersebut !
7. Apakah anti-aliasing pada image ?
8. Jelaskan model warna pada printer !
9. Jelaskan perbedaan warna antara RGB, HSV, dan HSL !
10. Sebutkan fitur pada software yang biasanya menggunakan model HSV dan HSL !
JAWAB
1. Cara menghitung ukuran file
audio digital :
(Rate)( Duration In Second)(bit
resolution/8) * 2
= (22,05*1000)(5*60)(16/8)*2
= (22050*300*2)*2
= 26.460.000 byte = 25.839,844 Kb
= 25,234 MB
2. MIDI merupakan singkatan
daripada Musical Instrument Digital Interface, MIDI adalah sebuah standar
hardware dan software internasional untuk saling bertukar data (seperti kode
musik dan MIDI event) di antara perangkat musik elektronik dan komputer dari
merek yang berbeda. Keuntungan dari MIDI adalah selain ukuran filenya yang
kecil, juga bisa digunakan sebagai ringtone handphone dan bagi anda yang gemar
bermain game Virtual Orchestra Studio (VOS) seperti saya, kalian bisa membuat
lagu yang kalian suka untuk dimainkan dalam permainan tersebut.
3. Bitmap yaitu representasi dari
citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer.
Gambar bitmap bisa disebut juga dengan gambar raster merupakan kumpulan
kotak-kotak kecil (pixel). Titik-titik pixel tersebut ditempatkan pada
lokasi-lokasi tertentu dengan nilai-nilai warna tersendiri yang secara
keseluruhan akan membentuk sebuah tampilan. Gambar bertipe bitmap sesungguhnya
adalah mozaik dari ribuan atau jutaan pixel. Ketika bekerja dengan gambar
bitmap kita akan mengedit pixel-pixel yang merupakan bagian dari sebuah objek
gambar. Contoh gambar dari bitmap sebagai berikut :
Sedangkan, vector merupakan
gambar digital yang berbasiskan persamaan perhitungan matematis. Gambar vector umumnya berukuran lebih kecil bila
dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya :
.CDR, .AI, .SVG, .EPS, dll . Gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk
menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar
atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap. Gambar bertipe vector terbentuk
dari garis dan kurva hasil dari perhitungan matematis dari beberapa titik,
sehingga membentuk suatu objek gambar. Vector menampilkan sebuah gambar
berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Tampilan gambar
vector, walaupun bersifat relatif lebih kaku daripada tampilan bitmap, kualitasnya
tidak bergantung kepada resolusi gambar. Contoh gambar vector :
4. Monocrhome adalah gambar yang
disusun oleh dua warna, HITAM dan PUTIH. Bisa disebut gambar biner juga, karena
kalau tidak 1 ya 0, kalau bukan hitam ya putih. Contoh :
Gray-scale merupakan sebuah citra
yang hanya terdiri dari warna abu-abu yang memiliki tingkat keabuan (gray
scale) yang berbeda-beda. Contoh :
8-bit/24-bit Color merupakan
sebuah citra yang setiap pixel-nya menyimpan informasi sebesar 8/24 bit. Contoh
:
5. Color Depth yaitu banyak bit
atau pixel sebagai repesentasi warna. Contoh 24 bit merepresentasi 16.7 juta
warna, 16 bit 65.536 warna dan 8 bit hanya 256 warna. Resolusi gambar
mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi gambar
bisa juga digunakan untuk mendefinisikan tentang gambar digital, video, maupun
yang lainnya.
6. Image dengan color-depth
24-bit resolusi 800 x 600 maka ukuran file yang dihasilkan yaitu:
= (800 x 600)(24/8)
= (480000)(3)
= 1.440.000 Byte = 1406,25 Kb =
1,373 Mb
7. Anti Aliasing merupakan suatu
teknik yang digunakan untuk menghilangkan efek jaggies pada gambar yang
dihasilkan. Dengan menggunakan anti aliasing ini gambar yang dihasilkan akan
terlihat lebih mulus, terutama pada garis-garis yang tidak horizontal ataupun
vertikal (diagonal).
8. Model warna pada printer
biasanya menggunakan CMYK. CMYK terdiri dari empat warna: CYAN (biru), MAGENTA
(merah), YELLOW (kuning) dan BLACK (hitam), dan biasanya juga sering disebut
sebagai warna proses atau empat warna. Warna pertama Cyan (Biru), yang
merupakan warna biru-hijau. Magenta (Merah) adalah warna tinta kedua, dan
merupakan bayangan merah muda kemerahan. Ketiga adalah warna Yellow (Kuning),
dan warna tinta printer keempat adalah murni Black (Hitam). Warna hitam ini
juga disebut warna hitam kunci (key chain). Warna CMYK adalah model warna
subtraktif. CMYK dianggap sebagai model warna subtraktif karena secara teknis
mengurangi kecerahan dari warna putih. Hal ini baik sebagian atau seluruhnya
lapisan warna pada latar belakang lebih ringan. Warna tinta printer mengurangi
jumlah cahaya yang tercermin.
9. RGB ini digunakan dalam
Monitor CRT. Dimana sistem ini menggunakan konsep kepekatan 3 warna (Red,
Green, dan Blue), yang masing-masing warna dapat dikombinasi untuk mendapatkan
warna yang berbeda, misalnya warna Merah dikombinasi dengan warna Hijau
menghasilkan warna Kuning, warna Merah dikombinasi dengan warna Biru
menghasilkan warna Magenta, warna Hijau dikombinasi dengan warna Biru
menghasilkan warna Cyan. Seperti dapat kita lihat pada gambar dibawah ini.
Point-Point Red Green dan Blue:
• Merah
Menentukan kepekatan warna merah. Jika Anda mengubah merah, hue, saturasi,
dan
luminositas juga berubah.
• Hijau
Menentukan kepekatan hijau. Jika Anda mengubah hijau, hue, saturasi, dan
luminositas juga berubah.
• Blue
Menentukan kepekatan biru. Jika Anda mengubah biru, hue, saturasi, dan
luminositas juga berubah.
HSL (hue, saturation, and
lightness), kadang disebut HSL (hue, saturation, and luminosity/luminance). HSV
(hue, saturation, and value), kadang disebut HSB (hue, saturation, and
brightness). Model ketiga, yang umum dalam aplikasi visi komputer adalah HSI
(hue, saturation, and intensity).Jadi perbedaan antara HSL dan HSV terletak di
Lightness dan Value, Dimana Lightness akan semakin memperterang tiap hue
(warna) hingga ke tingkat warna paling terang (putih), sedangkan Value hanya
sampai mempercerah tiap hue (warna) saja dari posisi awal paling bawahnya
berwarna gelap (hitam). Contohnya sebagai berikut.
Point-Point Hue Saturation dan
Luminosity/Value:
• Hue
Merupakan representasi pemilihan warna pada color wheel.
• Sat
Menentukan kadar (persentase) kejenuhan/kepekatan warna pada warna tertentu.
• Lum
Menentukan luminositas (tingkat keterangan warna). Jika melakukan perubahan
pada point ini maka point Red Green dan Blue Pada RGB akan ikut berubah.
10. Fitur pada software biasanya
pada color list atau color selection.