Posted by : Unknown Kamis, 27 Agustus 2015


mbahsecond - Yang dimaksud transaksi dala database oracle adalah ketika user berhasil mulai login atau mengakses database, dan itu merupakan permulaan dari sebuah transaksi. Dan yang perlu kita tau transaksi terdiri dari perintah insert, update, delete. Jadi dari ketiga perintah tersebut masuk kedalam sebuah transaksi. Dan yang jadi pertanyaan kapan sebuah transaksi akan berakhir, jawabannya adalah samapah ada rollback atau commit. Dengan begitu sebuah transaksi akan berakhir. Untuk lebih jelasnya tentang rollback dan juga commit, lihat berikut.



Commit
Commit itu seperti perintah untuk menandakan editan terakhir, bisa juga disebut save nya. Soalnya ketika melakukan commit maka pada saat itu pula segala jenis transaksi kita akan disimpan sebagai perubahan terakhir yang akan disimpan. Dengan begitu ketika ada kesalahan maka akan bisa kembali disaat melakukan commit, dan transaksi akan kembali seperti pada saat di commit.

Rollback
Dalam perintah rollback bisa disebut sebagai undo, jadi ketika kita akan mengembalikan kedalam transaksi atau tampilan sebelumnya maka rollback bisa mengembalikannya ke transaksi sebelumnya.

Savepoint
Dalam perintah rollback savepoint tidak termasuk dalam mengakhiri sebuah transaksi karena pada savepoint akan membuat point-point setiap kita melakukan perintah.cara membuat savepoint :

setelah melakukan transaksi, contohnya insert data, lalu langsung ketik save point seperti berikut
savepoint ke1;

jasi insert data tadi akan disimpan dalam savepoint ke1;



sekian moga bermanfaat :D :D

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Random Post

Copyright © 2015 Mbah Second - Edited by Mbah Second - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan Metrominimalist