Posted by : Unknown Sabtu, 14 Maret 2015

MbahSecond - Untuk belajar latihan dasar prolog kali ini bisa dilakukan pada notepad, yang sebelumnya telah diinstall prolog pada pc atau laptop.karena prolog merupakan bahasa pemrograman logika yang akan mendifinisikan beberapa informasi yang telah kita masukkan data nya sehingga akan terbaca oleh prolog ini sesuai data yang sebenarnya. sobat blogger juga bisa menggunakan eclipse yang sebelumnya sudah terinstall plugin prolognya, tapi kali ini cuma dibahas pada notepad dulu ya hehe. soalnya masih belum ketemu pluginnya.


yang perlu disiapkan untuk memulai latihan kali ini yaitu

- Download, prolog disini (sesuaikan dengan versi os sobat 32/64)
- Install pada komputer sobat, ikutan instruksi installasi hingga selesai.
- Open prolog dan periksan apakah sudah berhasil diinstall, jika berhasil maka seperti berikut.


- Jika sudah sekarang mulai membuat file dengan nama tes.pl. (buat di notepad lalu disave pada dekstop pc).
- Isikan data pada file tes.pl seperti berikut. lalu  save



Pengujian - open file tes.pl tadi kemudian mulai ketik untuk menanyakan kepada komputer
- untuk penulisan variabel, ditulis menggunakan huruf kapital.
- setiap statemen diakhiri dengan tanda titik.

Pertanyaan putra(labiba, Q) (enter), 
maka akan muncul nama raihan jika dilihat sesuai dengan data yang sebelumnya sobat masukkan. dengan begitu simesin membaca pola pikir yang pastinya dipikirkan oleh manusia apabila melihat data tersebut.


 

Pertanyaan putra(afif, Q) (enter),
akan muncul nama farhan, dan apabila diketik lagi tanda ; pada samping farhan maka akan muncul nama lain yaitu arfan. mengapa demikian? karena apabila dilihat pada data tes.pl terlihat putra dari afif ada 2 yaitu farhan dan juga arfan (baris 3 dan 4). 



Pertanyaan putra(saha, raihan). (enter)
Pertanyaan putra(labiba, raihan).  (enter)
pada pertanyaan pertama akan mucul pesan false diakarnakan nam saha tidak ada dalam data, dan untu pertanyaan yang kedua muncul pesan true karena sesuai dengan data yang ada pada file tes.pl



Pertanyaan putri(W, Q). (enter)
pertanyaan tersebut bertujuan untuk menanyakan kepada mesin nilai dari putri, yang kemudian wadah untuk menampungnya dalam sebuah variabel W, Q dengan begitu apabila datanya tersedia maka akan ditampilkan dalam variabel tadi.



Sekaian dasar dari prolog, intinya bahwa hal yang kita pikirkan bisa dimodelkan dalam bentuk mesin. sehingga dapat diproses dalam mesin tersebut, dengan ketentuan data yang tersedia dan yang diminta sesuai. jika tida sesuai maka tidak bisa diproses sama halnya dengan manusia akan merasa bingun jika ada pertanyaan yang ditujuakan kepada kita tanpa tahu maksud dan sumber data yang ditanyakan.  
sekian moga bermanfaat :D

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Random Post

Copyright © 2015 Mbah Second - Edited by Mbah Second - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan Metrominimalist