- Back to Home »
- knowledge management system , Kuliah , Semester VI »
- Document Management System
Posted by :
Unknown
Sabtu, 04 April 2015
Mbah Second - dalam pengelolaan seuah data agar bisa dijadikan sebuah informasi yang bermanfaat dan berguna pagi penggunanya mesti diperlukan Document dan Content Management System, selain sangat membantu dalam pengolahan data tekhnik ini juga menjadikan pengefisienan teknologi dan sumber daya manusia.
Document
Management System
Mulai
tahun 1980-an, sejumlah vendor mulai mengembangkan sistem perangkat lunak untuk
mengelola dokumen berbasis kertas. Sistem ini berurusan dengan dokumen kertas,
yang termasuk tidak hanya dicetak dan dokumen yang diterbitkan, tetapi juga
foto-foto, sidik jari. Kemudian pengembang mulai menulis kedua jenis sistem
yang dapat mengelola dokumen elektronik, yaitu, semua dokumen tersebut, atau
file, dibuat pada komputer, dan sering disimpan pada pengguna file sistem
lokal. Awal manajemen dokumen elektronik (EDM) sistem dikelola baik jenis file
proprietary, atau sejumlah format file. Banyak dari sistem ini nanti [kapan?]
Dikenal sebagai sistem pencitraan dokumen, karena mereka fokus pada
penangkapan, penyimpanan, pengindeksan dan pengambilan format file gambar.
Sistem EDM berkembang ke titik di mana sistem bisa mengelola semua jenis format
file yang dapat disimpan pada jaringan. Aplikasi tumbuh untuk mencakup dokumen
elektronik, alat-alat kolaborasi, keamanan, alur kerja, dan kemampuan audit.
Pengertian
Document management system merupakan sebuah
sistem komputer atau set program komputer yang digunakan untuk melacak dan
menyimpan dokumen elektronik. Hal ini biasanya juga mampu melacak versi yang
berbeda dimodifikasi oleh pengguna yang berbeda juga dikenal sebagai pelacakan
sejarah. Istilah ini memiliki beberapa tumpang tindih dengan konsep sistem
manajemen konten. Hal ini sering dilihat sebagai komponen manajemen konten
perusahaan (ECM) sistem dan terkait dengan pengelolaan aset digital, pencitraan
dokumen, sistem alur kerja dan sistem manajemen catatan.
Ini terdiri dari teknologi, alat dan metode
yang digunakan untuk menangkap, mengelola, menyimpan, melestarikan, memberikan
dan membuang 'dokumen' di seluruh perusahaan. Dalam 'dokumen' ini konteks
adalah salah satu dari segudang aset informasi termasuk gambar, dokumen kantor,
grafis, dan gambar serta benda-benda elektronik baru seperti halaman web,
email, pesan instan, dan video.
Component
Metadata
Integration
Capture
Sistem
pendaftaran
Storeage,
Retrieve
Distribusi,
Security,
Workflow,
Kolaborasi,
proofreading,
Reproduksi dokumen.
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten