Posted by : Unknown Kamis, 09 Juli 2015


MbahSecond - nah untuk memulai dalam pembuatan file html ada baiknya sebagai seorang programmer untuk mendahuluinya dengan membuat sebuah program html hello world. mungkin kebanyakan programmer akan melakukan ini dalam setiap pembuatan project dalam bahasa yang baru dipelajari oleh si programmer tersebut. jadi kita ikut coba juga aja hehe.

untuk memulai membuat file html ada yang perlu dipersiapkan diantaranya :
tools editor, sederhanya notepad saja yang simple. buka notepad kemudian ketikkan code dibawah ini. setelah itu save dengan nama dan ekstensi .html. contoh hello.html


<html>
<head>
<title>Judul Hello World</title>
</head>
<body>
ini body hello world :D
</body>
</html>

setelah disave,alankan program dengan mengklik kanan file lalu pilih open with mozilla (terserah browser yang diinginkan).
atau langsung mengetikkan di url browser sobat nama dari file html tersebut contoh. file:///D:/hello.html (note. file nya berada di directory (D:).


penjelasan singkat code. untuk tag <html> sampai dengan </html> menyatakan bahwa semua code menjadi satu kesatuan yaitu dalam html.

<head> merupakan bagian kepala dari gile html ini, di dalam head biasanya akan berisikan code pelengkap tanpa perlu untuk ditampilkan dalam interface contohnya. link css, js dan lainnya.

<tittle> merupakan judul yang akan muncul pada tittle bar browser.

<body> yang merupakan tempat untuk menyediakan isi dari file html ini, dan di body ini lah biasanya sobat akan menemui beragam konten yang disediakan oleh programer.

semoga bermanfaat :D

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Random Post

Copyright © 2015 Mbah Second - Edited by Mbah Second - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan Metrominimalist